ARGOWULAS

ARGOWULAS Class of 1991

Posted by admin On October - 28 - 2015

ikasObrolan SERSAN (Serius tapi Santai) Stroke bersama dr. Ika Satya yang centil

TS  : Kas….pusing itu disebabkan krn apa?
TS  : Teruatama pusing di kepala bagian belakang
Dr. Ika Setya : Ada beda antara pusing dg sakit kpl
TS  : Kadang munculnya tiba2
TS  : Mungkin sakit kepala ini
Dr. Ika Setya : Pusing itu mumet
Dr. Ika Setya : Kpl terasa berputar
Dr. Ika Setya : Bedo
TS  : Sakit kapala Kas
Dr. Ika Setya : Masing2 punya bnyk pnyebab
Dr. Ika Setya : Sakit kpl bisa nyeri, pegel, rasa berat, rasa enteng/spt ilang
TS  : Nyeri
Dr. Ika Setya : Scr umum..yg bikin nyeri itu krn kurang adupan oksigen ke lokasi tsb
Dr. Ika Setya : Istilahnya hipoksia
TS  : Nah yg menyebabkan kurangnya oksigen apa?
TS  : Krn datangnya tiba2
Dr. Ika Setya : Bisa krn mmg kadar oksigen tubuh kurang, bisa krn volum darah kurang, bisa krn tensi yg tll rendah, bisa jg krn penekanan akibat proses di dlm kpl
Dr. Ika Setya : Kpl berputar jg bisa krn bnyk hal
TS  : Kalo darah rendah kayaknya enggak Kas
Dr. Ika Setya : Bisa krn hal2 di atas, bisa jg krn yg lain
Dr. Ika Setya : 😅
TS  : Yg lain itu apa?
TS  : Apa ada indikasi saakit lain?
Dr. Ika Setya : Ada bnyk bnget TS..
Dr. Ika Setya : Headache atau nyeri kpl itu suatu gejala utk baaaaanyaaaaak keadaan
Dr. Ika Setya : Bisa fisik maupun psikis
Dr. Ika Setya : Jd hrs detil dulu penjelasan ttg sakit kpl ini
TS  : Riwayatku dulu. Aku pernah kkena stroke Kas
Dr. Ika Setya : Hmm
Dr. Ika Setya : Stroke hemoragi apa trombosis TS
Dr. Ika Setya : Pemicunya hipertensi atau dm/hiperkolesterol dll?
TS  : Waduh gak tau, yg aku tau kata. Dokter krn faktor psikis
Dr. Ika Setya : Psikis tok setauku ga bikin stroke TS
Dr. Ika Setya : Mekanisme tjdnya stroke itu ada 2, pmbuluh drh di otak pecah biasae krn hipertensi, atau ada bgn otak yg rusak akibat ga dpt drh, biasae krn sumbatan pmbuluh drh otak
TS  : Tau kenyataannya begitu Kas, jd saat itu fungsi tubuh sebelah kanan berkurang
Dr. Ika Setya : Brp lama?
TS  : Krg lbh 10 harri
TS  : Aku di rs diterapi jg kok
Dr. Ika Setya : Hmm
Dr. Ika Setya : Kurasa doktermu mncoba utk mnyederhanakn aj
TS  : Gejala awalnya spt kesemutan berawal dr kaki naik hungga kepala
Dr. Ika Setya : Spy kamu lbh semangat sembuh dan ga pesimis
Dr. Ika Setya : Bisa aj bgitu
Dr. Ika Setya : Trus..dpt obat apa aj?
TS  : Jd sebenernya apa Kas?
TS  : Waduh dah lupa nama obatnya
TS  : Aku sempet di Ct scan ama MRI jg
Dr. Ika Setya : Ini ada video ttg stroke..mgkn bisa membantu
Dr. Ika Setya : STROKE VIDEO NARASI (Click untuk melihat videonya)
Dr. Ika Setya : Monggo dicermati…
TS  : Jd skrg kalo aku sering sakit keepala secara tiba2 aku jd khawatirr Kas
Dr. Ika Setya : Kalo ciri2nya.sesuai, insyaallah mmg bnr stroke
SUS  : Ituloh kas…kdg kalo kena stroke ringan dibilang akibat psikis/stres gto…bener tah trek?begono?
Dr. Ika Setya : Ojo kuatir disik
Dr. Ika Setya : Ngga sus
Dr. Ika Setya : Stroke ga ada yg ringan
Dr. Ika Setya : Dan stres psikisdoang ga bisa bikin stroke
Dr. Ika Setya : Monggo dibuka dl videonya
TS  : Oke
LM  : hmmm brati stroke ga iso teko goro2 mikir yo kas
Dr. Ika Setya : Gak bisa akibat mikir tok tok
TS  : Saat itu aku jg susah bicara krn lidah yg rasanya sulit digerakkan
TS  : Dan tangan serta kaki yg rasanya lemes
Dr. Ika Setya : Yg ptg FAST itu TS
Dr. Ika Setya : Disebut stroke krn sifatnya strike
Dr. Ika Setya : Hrs mndadak
TS  : Yg aku ingat pesen dokter, jgn sampe aku terserang spt itu lg utk yg keddua kalinya
Dr. Ika Setya : Betul itu
Dr. Ika Setya : Kalo ga mndadak, is not a stroke
TS  : Krn katanya, kali keserang yg kedua kalinya katanya efeknya bisa lbh parah
Dr. Ika Setya : Iya
Dr. Ika Setya : Betul
Dr. Ika Setya : Mmg seorang yg sdh pernah kena akan lbh berisiko utk kena lg
Dr. Ika Setya : Dan serangan berikutnya mmg bisa lbh bahaya
Dr. Ika Setya : Tapi itu ga mustahil dicegah kok
TS  : Itu aku terkena serangan di ktr, lha wong mau makan siang kok tiba2 terserang spt itu
Dr. Ika Setya : Sblmnya, kamu mesti sdh punya faktor risiko TS
TS  : Faktor resikonya apa?
TS  : Darting ama. Kolesterol itu ya?
Dr. Ika Setya : Hipertensi
Dr. Ika Setya : DM
Dr. Ika Setya : Dislipidemi
Dr. Ika Setya : Iya
TS  : Dislipidemi itu apa?
Dr. Ika Setya : Dan setiap faktor itu punya faktor risikonya masing2 serta saling ngaruh..jd spt lingkaran setan
Dr. Ika Setya : Dislipidemi itu kadar lemak yg ga bagus..srg disebut hiperkolesterol
TS  : Ooooo….
Dr. Ika Setya : Faktor2 itu jg bikin komplikasi yg makin memberatkan each other
Dr. Ika Setya : Cara ngatasinya skalifus mncegah ya  healthy lufestyle lg
SUS  : pemicux byk ya 😞 bnr2 ky lingkaran setan
Dr. Ika Setya : Iya sus
Dr. Ika Setya : Bnyk olahraga
Dr. Ika Setya : Jaga makan
Dr. Ika Setya : Mnejemen stres
Dr. Ika Setya : Istrht cukup
Dr. Ika Setya : Hindari rokok
TS  : Jd sakit kepala yg sering aku rasakan tdk ada hubungannya dg itu Ya Kas?
Dr. Ika Setya : Bisa ada, bisa tdk
TS  : Ooooo….
Dr. Ika Setya : Kalo faktor risiko msh ada, ya bisaaj krn itu
Dr. Ika Setya : Kalo sdh ga ada, mgkn krn hal lain
SUS  : Brarti kalo dokter blg kena stroke ringan.maybe utk menghibur pasien ajaya?
Dr. Ika Setya : Hmmm…aku gatau sus
TS  : Berarti lbh jelasnya chek up ya…
Dr. Ika Setya : Iya TS..bagus cek lengkap rutin tiap 3-6bln
Dr. Ika Setya : Ada yg dsbt dg TIA..itu biasanya diistilahkn dg stroke ringan
Dr. Ika Setya : Dianggap ringan krn semua kelumpuhannya bisa pulih dlm wkt 24 jam
Dr. Ika Setya : Tapi scr proses, TIA gak ringan
SUS  : Kadar ringan itu bbrp anggota badan mulai tdk berfungsi tp bs mandiri
SUS  : Kalo parah itu bnr2 gbs mandiri hrs dirawat total…gto kas?
TS  : Waduh….
Dr. Ika Setya : Kalo ga pulih dlm 24 jam, sdh bukan TIA lg tp sdh stroke
Dr. Ika Setya : TIA itu transient ischemic attack
TS  : Berarti Alhamdulillah aku dulu itu bisa kembali normal…
Dr. Ika Setya : Namanya transient..ya maksudnya cm bntar
Dr. Ika Setya : Iya
Dr. Ika Setya : Banyak kok pnderitastroke yg bisa pulih spt semula
Dr. Ika Setya : Di video utu dsbt sampe 5 milyar org kan
SUS  : Alhamdulillah 😇 mpe normal lg ya
Dr. Ika Setya : Keparahan stroke bukan dr kelumpuhannya
TS  : Tp knp kalo kena serangan yg ke dua efeknya mesti lbh parah?
Dr. Ika Setya : Krn bisa jd lokasinya beda dg yg pertama
Dr. Ika Setya : Krn bisa jd jml kejadian strokenya lbh bnyk drpd sblmnya
Dr. Ika Setya : Knapa?
Dr. Ika Setya : Krn mbs itu hidup..segalanya berubah..kerusakan yg tjd cnderung memburuk seiring    waktu, Gini.. , Misalnya, pas serangan pertama itu krn ada 1 pmbuluh drh yg pecah di area pengatur gerak tangan , Stl pulih, pasien itu terus beraktivitas..makan..stres..dll. dg kondisi pmbuluh drh yg tadi itu ‘pernah rusak’ , Ada proses adaptasi di lokasi pendarahan tadi itu, shg scr fungsi dpt kbl normal..tp scr struktur histologi blm tentu pulih jg, Analoginya, kalo kita hbs keiris pisau, sdh ilang nyerinya bisa aj msh ada bekasnya kan..itu scr fungsi sdh normal tp strukturnya kan ada ‘cacat’, Nah..suatu saat, dg sgl aktivitas dan dinamikanya, pasien itu mngalami lg faktor2 risiko tjdnya stroke.., Terjadi lagi stroke di-misalnya-otak yg bagian pusat ngatur bicara..sementara pmbuluh darah yg ‘cacat’,  jadi kan kondisinya sdh beda..sdh lebih rentan jg.., Maka terjadilah stroke di 2 lokasi..yaitu pengatur bicara dan pengatur gerak tangan.
Dr. Ika Setya : Bgitu kira2 gambarannya
JH  : Kok medeni yoo…😁
Dr. Ika Setya : Iyo ancen
TS  : Masya Allah……ngeri juga
TS  : Smoga qta semua selalu dilimpahi kesehatan lahir dan batin. Aamiin YRA.
Dr. Ika Setya : Sori..ga bmaksud meden2i lho
Dr. Ika Setya : Aamiin
Dr. Ika Setya : Tapiiiiii mnghindari serangan kedua itu ga mustahil TS
TS  : Wah…. Aku jd hrs lbh berhati hati nich…
Dr. Ika Setya : Betul
Dr. Ika Setya : Dan yg blm pernah kena pun sama aj hrs hati2 jg
TS  : Sptnya aku hrs mengurangi makan yg berlemak
Dr. Ika Setya : Lakukan gaya hidup sehat terus..insyaallah akan tetap sehat
Dr. Ika Setya : Tapi ya kontrol itu tetep perlu
Dr. Ika Setya : General checkup rutin
TS  : Iya Kas…insya’allah
Dr. Ika Setya : 👍🏻👍🏻
TS  : Makasih banyak Kas atas sharingnya, bermanfaat sekali buat qta semua, terutama buat aku….
SUS  : Qpemakan sgala kas 😭 yokpo iki?
TS  : Jgn bosan kalo qta tanyain mslh kesehatan yo Kas….😊
Dr. Ika Setya : Insyaallah
Dr. Ika Setya : Gpp sus..yg ptg ditaker dan dikontrol
SUS  : Tengkiyu kas 😘 blajar hdp sehat itu hrs bkn pilihan 😁
Dr. Ika Setya : 👍🏻👍🏻
Dr. Ika Setya : Love u all💝💝
Dr. Ika Setya : Sama2
Dr. Ika Setya : Tak baleni yo..ojok bosen..bisadibaca besok
Dr. Ika Setya : Olah raga rutin
Dr. Ika Setya : Jaga makan
Dr. Ika Setya : Mnejemen stres
Dr. Ika Setya : Istrht cukup
Dr. Ika Setya : Hindari rokok
Dr. Ika Setya : Rutin general checkup
Dr. Ika Setya : Kalo perlu obat, gunakan obat sesuai saran dokter
Dr. Ika Setya : 🙏🏻🙏🏻

One Response so far.

  1. Trie Surya says:

    Alhamdulillah…..dapat ilmu setelah ngobrol dg dr. Ikas. Matur nuwun bu…..